Wednesday, January 24, 2007

Buku atau Film?

Kalau ada yang tanya padaku lebih suka mana baca buku atau nonton filmnya? Pasti aku jawab baca bukunya.

Beberapa buku yang pernah aku baca dan aku tonton juga filmnya :
- Gie,Catatan Seorang Demonstran
- Brownies
- Cau bau kan (bener gini gak nulisnya)
- Memories of Geisha
- PadaMu ku bersimpuh

Kenapa aku lebih suka membaca bukunya? Karena penggambaran dalam sebuah buku lebih jelas dari pada nonton filmnya. Detailnya terasa sekali jika menyelami halaman per halaman buku. Mulai dari setting tempat, latar belakang dan alurnya lebih enak untuk dinikmati.

Memang jika buku tersebut divisualisasikan menjadi sebuah film akan lebih berwarna. Tapi sebuah film terkungkung oleh durasi waktu yang harus dipenuhi. Sehingga kadangkala penggambaran terhadap suatu peristiwa terkesan seadanya karena sudah diedit sana sini.

Antara dua alternatif dalam menikmati sebuah karya seni itu (antara film dan buku) memang masing masing mempunyai penggemar sendiri sendiri. Dan saya adalah yang lebih menyukai membaca, walaupun tentu saja alokasi waktu yang dihabiskan untuk menikmatinya lebih panjang. Waktu 1,5 jam cukup untuk menonton film, terkadang 4-6 jam habis untuk membaca buku.

No comments: