Saturday, December 02, 2006

Malay?

Sewaktu di Berastagi, Sumatera Utara aku berkeliling di beberapa toko yang menjual souvenir, niatku mencari oleh-oleh untuk Arif dan Uzi. Tiba-tiba ada pedagang yang menawari aku dengan bahasa Melayu. "Dari Malaysia ya kak? Ayolah beli kaos buat oleh-oleh", kata pedagang itu. Saat itu aku, mba Julia dan Maya saling melempar senyum.

Kejadian itu berulang saat aku jalan-jalan di Pulau Samosir. Dan terulang lagi saat aku di Kuta Square, Bali. Saat itu aku mencari souvenir yang dititipi teman-teman kantor. Beberapa pedagang menanyakan "From Malay?". Memang sebegitu miripkah aku dengan orang Malaysia?

Kalau disangka berasal dari pulau Sumatera sih sudah sering aku alami sejak kuliah. Ada yang menyangka aku orang Padang (dipanggil uni pula :D ), orang Aceh, bahkan dikira adik kakak dengan seorang temanku yang berasal dari Jambi. Katanya sih garis wajahku mirip orang sana. Tapi apa benar??

No comments: