Monday, August 07, 2006

W E E K E N D

Ketika hari Jum'at tiba beberapa orang menanyakan kepadaku:
"Kemana nih weekend?"
"Biasanya weekend ngapain?"
dan pertanyaan senada yang lainnya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut membuatku mereview kembali kegiatan-kegiatan yang aku kerjakan saat weekend tiba.

1. Olahraga
Tempat olahraga saat weekend yang asyik adalah Monas. Biasanya aku bareng teman-teman kost olahraga di sana. Hari Sabtu dan Minggu banyak orang yang lari pagi, joging, senam dan olahraga lainnya. Hari minggu kemarin aku dapat rutinitas baru di Monas. Aku dan Nana ikut senam bareng di sudut selatan Monas. Lumayan menghasilkan banyak keringat. Kalau lari kan hanya otot kaki yang berolahraga, nah dengan senam semua tubuh kita ikut bugar.

2. Bersihin rumah
Nah kalau yang ini kegiatan rutin yang harus dilakukan. Namanya juga anak kost, jadi harus tanggung jawab sama lingkungannya sendiri. Hari-hari yang lainnya kan bersihin ruangan tidak sampai detail. Jadi weekend acara bersih-bersihnya lebih dioptimalkan.

3. Berkunjung ke rumah saudara
Kadang kangen sama suasana rumah, kegiatan ini bisa mengobati perasaan itu. Rumah yang aku kunjungi itu rumah Budhe, Bulik dan Arif(my big bro). Ketemu Shafa, ponakanku yang lucu dan menggemaskan itu, main dengan adek-adek kecilku : Imam, Iyus, Raihan, Fauzan dan Dinda jadi kegiatan yang menyenangkan. Kadang juga diisi diskusi dengan keluarga besar mereka yang menambah wawasanku. Apalagi tinggal di sebuah kota besar yang kadang tidak bersahabat, bisa menjaga tali silaturahim dengan kerabat dekat sangat dibutuhkan.
Dari ketiga rumah itu yang paling sering aku datangi adalah rumah Arif, karena secara personal memang kita sangat dekat. Kadang gantian dia yang main ke tempatku. Ngobrol di warung mas WT berjam-jam merencanakan masa depan. Jalan-jalan ke ITC atau Jakarta Fair

4. Jalan-jalan
Biasanya sih jalan-jalan saat weekend sekalian sama beli kebutuhan sehari-hari. Tempat jalan-jalannya Harmoni, Blok M, kadang juga ke tanah abang. Tapi kadang juga jalan ke pameran-pameran buku atau kerajinan rakyat.
Satu keinginanku yang belum terwujud adalah jalan-jalan ke musium yang ada di Jakarta.

5. Baca Buku
Kapan lagi baca buku bebas berjam-jam kalau bukan hari Sabtu Minggu. Hari-hari biasa paling hanya empat atau lima halaman saja.

6. Ikut kajian
Bersama Mba Yanti & Iye, biasanya weekend dilewatkan dengan ikut kajian. Tempatnya ga mesti sama. Yang paling sering di Masjid Istiqlal, Al Azhar dan di daerah Cipaku.

Kegiatan-kegiatan semua itu mungkin terakhir aku nikmati dengan bebas bulan ini. Bulan depan sudah berubah lagi, ada kegiatan yang mudah-mudahan lebih menyenangkan yang harus jadi rutinitasku.

No comments: