Monday, June 05, 2006

Selamat Hari Lahir, Pak...

Hari ini usia Bapak genap 56 tahun (ehm... bentar lagi pensiun ya Pak). Mudah-mudahan Allah memberikan usia yang barokah dan kesehatan buat Bapak.
Malam tadi telpon Bapak, berbagai cerita menjadi bahan obrolan kami.
Bapak belum jadi ke Jogja untuk menengok keadaan keluarga Jogja pasca gempa. Kesehatan beliau agak drop dari Jumat pagi, belum memungkinkan untuk beliau melakukan perjalanan jauh. Agak kagok aku mengucapkan selamat langsung ke beliau, padahal pas hari lahirku beliau sempatkan telpon saat istirahat siang. "Selamet ulang taun yo Nduk, mugo-mugo Allah maringi umur sing berkah. Arep ma'em nganggo opo, milih dewe. Bapak ra weruh opo sing ono nang kono, tapi yo mbayar dewe...." begitu ucapan beliau yang masih terngiang walaupun sudah beberapa bulan yang lalu.

Bapak adalah salah seorang yang sangat berperan di kehidupanku. Sosok beliau yang tegas dan disiplin membuat beliau disegani. Suka berorganisasi dan memberikan wadah berkreasi untuk anak-anak. Ketika aku ingin belajar tari jawa klasik, beliau membuat sebuah sanggar agar aku dan teman-temanku belajar tari. Begitu pula saat beliau ingin anak-anak mengaji dibuatlah TPA.

Aku dekat dengan bapak karena selisih umurku dengan adik hanya 18 bulan. Sejak kelahiran adik praktis aku lebih sering bersama beliau. Beliau sangat sabar mendidik kami. masih teringat betapa sabarnya beliau mengajarkan beberapa pekerjaan rumah tangga seperti mencuci baju, menyertika. Beliau membuat kegiatan itu seperti bermain sehingga aku merasa enjoy. Beliau tidak marah walaupun baju safari kesayangannya jadi "korban" sertikaku.

Beliau yang merasa sangat kehilangan ketika aku kuliah di Jogja. Kata ibu, bapak sampai tidak bisa tidur 3 malam.

Bapak teman diskusi yang asyik, apalagi mengenai organisasi. Beliau sudah akrab dengan dunia organisasi sejak di SMP.Entah sudah berapa organisasi yang pernah beliau geluti mulai dari pramuka, organisasi keagamaan, organisasi politik, lembaga di kecamatan.

Ditengah kesibukan beliau masih sempat untuk mengantarku. Bahkan ketika tes di Jakarta pun aku masih diantar beliau. Sampai teman SMA yang aku pinjami tempat untuk menginap bisa menebak aku datang dengan siapa.

Sebuah lagu dari Ada Band mewakili rasa sayangku pada beliau....

Teringat masa kecilku kau peluk dan kau manja
Indahnya saat itu buatku melambung
Disisimu terngiang hangat napas segar harum tubuhmu
Kau tuturkan segala mimpi-mimpi serta harapanmu

Kau inginku menjadi yang terbaik bagimu
Patuhi perintahmu jauhkan godaan
Yang mungkin ku lakukan dalam waktu ku beranjak dewasa
Jangan sampai membuatku terbelenggu jatuh dan terinjak

Reff:
Tuhan tolonglah sampaikan sejuta sayangku untuknya
Ku terus berjanji tak kan khianati pintanya
Ayah dengarlah betapa sesungguhnya ku mencintaimu
Kan ku buktikan ku mampu penuh maumu

Andaikan detik itu kan bergulir kembali
Ku rindukan suasana basuh jiwaku
Membahagiakan aku yang haus akan kasih dan sayangmu
Tuk wujudkan segala sesuatu yang pernah terlewati

No comments: