Monday, April 24, 2006

B R O W N I E S

Waah... ada oleh-oleh dari yang baru dinas ke Bandung nih. Tentunya makanan berwarna coklat yang bernama Brownies tidak ketinggalan, karena brownies kukus merupakan oleh-oleh khas dari Bandung. Sejarah dari brownies sendiri ada berbagai versi, salah satunya adalah Brownies ditemukan oleh seorang Dosen pada tahun 1890-an. Saat itu sang dosen sedang mempraktekan membuat kue tapi kue itu tidak mengembang alias bantat. Karena tidak mau malu di depan mahasiswanya dosen itu mengatakan bahwa kue yang dibuatnya adalah kue jenis baru yang dia namakan Brownies.


Ngomong-ngomong tentang brownies, nama kue yang manis ini diangkat menjadi judul sebuah film layar lebar beberapa taun yang lalu. Pemerannya Marcella Zalianti. Aku pernah nonton filmnya, pas ditayangin di sebuah televisi swasta sih (soalnya males banget klo nonton di bioskop, temen-temenku ga punya selera yang sama). Kemarin temanku bawa novelnya, yah kaya script film Brownies. Lumayan buat bacaan sambil nunggu teman yang ngajak ketemuan di daerah Menteng (hampir setengah novel ini aku abisin waktu menunggumu lho...).

Film Brownies menceritakan tentang lika-liku kehidupan Mel seorang eksekutif muda yang merasa hancur seluruh hidupnya karena ditinggal Djoe, tunangannya. Menceritakan bagaimana Didi dan suaminya berusaha membantu sahabatnya (Mel) untuk bangkit lagi. Di situ hadirlah Are, seorang novelis yang membuka sebuah toko buku (mirip Cafe konsepnya). Si Are ini seorang yang pandai membuat brownies, sedangkan Mel walaupun beratus-ratus kali mencoba membuat kue itu tetap saja hasilnya tidak memuaskan. Dari brownies inilah kisah mereka teruntai....

Ehm... aku jadi ingat kemarin pas ngumpul di Kaliurang-Jogja, brownies sempat muncul di pembicaraan kami. Brownies mengingatkan kami pada seorang sahabat yang sekarang sudah menjadi seorang umi. Dulu dia sering membuatkan kami brownies kalo mudik ke kampung halamannya. Seorang sahabat yang terus terang kami kangen kamu.

Dan di film Brownies ini aku menemukan arti namaku yang lain. Penasaran?? liat aja filmnya lagi atau baca novelnya ^-^

1 comment:

hafi said...

Waaaahhh....mau dunk brownies-nya, huehehe...