Friday, January 13, 2006

======Akhir Kisah Pak Jana======

Siang tadi ba'da sholat Jum'at aku dikejutkan oleh berita yang dibawa mas Gin. "Nia, tolong cek ke bawah deh, aku tadi di lift denger berita Pak Jana meninggal". Aku tetep ga percaya, sebelum menggangkat telepon aku bilang " Ah yang bener mas? Orang tadi pagi masih sehat kok. Yang meninggal bapaknya Pak Jana apa Pak Jana-nya?". Setelah telepon ke bawah baru dapat ketegasan klo Pak Jana bener-bener sudah meninggal. " Innalillahi wa inna Ilaihi rojiun..."
Pak Jana adalah Outsoursing di tempatku bekerja. Beliau merupakan teknisi jaringan komputer dan telepon. Selain itu beliau juga berjualan nasi uduk untuk sarapan. "Ibu udah sarapan bu?" begitu sapanya sambil menawarkan dagangan setiap melewati mejaku. Beliau sangat ditunggu warga UKMI pada jam sarapan. Dengan singkatan-singkatan di box nasi yang sudah familiar seperti PTR ( nasi putih + teri), DG( nasi kuning + daging), TB ( nasi kuning + telur bulat), dan bihun goreng beliau menghampiri meja kami. Beliau terkenal dengan penjual yang selalu tersenyum ramah.

Dari cerita Bang Roja yang kebetulan tetangga Pak Jana terlihat bahwa Pak Jana dimudahkan meninggalnya oleh Allah. Pagi hari sudah merasa ga enak badan (agak pusing kepalanya) tetapi tetep masuk kantor. Malah beliau juga berdagang sampai ke lantai 10. Sebelum Jum'atan beliau pamit pulang. Sampai di rumah tiduran setelah makan bubur yang dibelikan anak bungsunya. Kemudian meminta sang istri untuk menemani, sebelum tidur beliau berwasiat kepada istrinya untuk selalu sabar dan bertawakal kepada Allah. Tidur selama 10 menit, terdengar suara seperti mendengkur, beliau melafazkan kalimat Thoyibbah dan akhirnya menghembuskan nafas terakhir.Subhanallah... Semoga segala amal kebajikan beliau diterima oleh Allah.

No comments: