Thursday, April 06, 2006

Servlet dan JSP

Definisi Servlet
Java Applet merupakan aplikasi yang telah terkenal, client melakukan download terhadap applet lewat web browser. Begitu telah sampai dibrowser kemudian dijalankan oleh Java Virtual Machine di web browser tersebut. Java applet adalah solusi untuk sisi client sementara servlet semacam applet disisi server.
Sehingga servlet bisa didefinisikan :
1. Servlet serupa applet, hanya berjalan di server bukan di browser.
2. Servlet adalah fasilitas pengembangan aplikasi independen dan interaktif.
3. Servlet merupakan metode aman pengolahan transaksi informasi yang dimiliki client dengan SSL (Secure Socket Layer transmisi data).
4. Servlet menuruni fitur-fitur yang dimiliki J2EE.
5. Servlet bertumpu pada komponen guna ulang cross platform yang disebut JavaBeans dan EJB.Kebutuhan untuk menjalankan sebuah servlet adalah:
• Web Server yang mendukung servlet API
• Client yang meminta layanan yang disediakan oleh servlet

Manfaat dan Keunggulan Java Servlet
Karena servlet dieksekusi di server, isu-isu keamanan di applet menjadi tidak ada. Dengan cara ini membuka banyak peluang yang tidak mungkin atau sulit dilakukan oleh applet, misalnya:
1. Komunikasi dengan sistem lama lewat CORBA, RMI, socket dan native cell dapat dilakukan
2. Web Browser tidak berkomunikasi secara langsung dengan servlet, servlet dieksekusi oleh web server yang berarti jika web server telah aman di belakang firewall, maka servlet telah aman.


Sedangkan keunggulan servlet jika dibandingkan dengan CGI:
1. Servlet adalah persistent
2. Servlet berjalan secara cepat
3. Servlet adalah platform independen
4. Servlet mudah diperluas
5. Servlet adalah aman
6. Servlet dapat digunakan dengan beragam client

Mekanisme Pelaksanaan Servlet
1. Client (biasanya web browser) membuat permintaan lewat HTTP
2. Web server menerima dan melewatkan ke servlet. Jika servlet belum dimuat ke memori web server akan memuatkan ke Java Virtual Machine dan akan mengeksekusinya
3. Server menerima permintaan HTTP dan melakukan pengolahan
4. Servlet akan mengirimkan tanggapan ke web server
5. Web server akan meneruskan tanggapan ke client

JSP
JSP merupakan perluasan teknologi Java Servlet. JSP adalah teknologi yang mengkombinasikan HTML dengan java untuk membangun halaman web dinamis. Karena JSP dibangun di atas java dan HTML, teknologinya tidak dibatasi suatu platform atau server spesifik.

Arsitektur JSP
Komponen JSP:
1. Web server adalah perangkat lunak yang menerima permintaan dan mengirim informasi balik , jawaban yang akan ditampilkan browser.
2. Container adalah perangkat lunak yang menyimpan file JSP, servlet, mentransformasikan file JSP menjadi servlet, mengkompilasi dan menjalankan servlet untuk menghasilkan HTML.

Mekanisme Kerja JSP
1. Web server mengirimkan permintaan satu halaman JSP
2. Web server mengenali file .jsp di URL yang diminta browser, mengindikasikan sumber daya yang diminta adalah halaman JSP, dan harus ditangani JSP engine
3. Halaman JSP itu kemudian diterjemahkan menjadi java class yang kemudian dikompilasi menjadi servlet. Penerjemahan dan kompilasi hanya dilakukan sekali saat JSP pertama kali dipanggil atau saat terjadi perubahan JSP.

Ehm... ini ringkasan PMK ku buat knowledge sharing besok

No comments: